Khasiat Daun Sirih Untuk Ayam Laga

Ayam Laga

Daun sirih ialah salah satu dari sekian banyaknya tanaman yang ada di Indonesia. Jenis tanaman ini biasanya dipakai oleh orang tua di perkampungan untuk dikunyah agar gusi dan gigi tetap kuat. Anda sudah pasti banyak mendengar tentang khasiat dari daun sirih ini untuk manusia. Tetapi, apakah Anda juga tau bahwa daun sirih juga bisa berkhasiat bila dipergunakan untuk ayam laga?. Baiklah pada artikel kali ini saya akan menjelaskan apa saja khasiatnya.

Khasiat Daun Sirih Untuk Ayam Laga

  1. Berkhasiat Sebagai Obat Antibiotik

Daun sirih yang mengandung zat antiseptic yang berguna untuk memulihkan luka agar tidak infeksi. Hal ini juga berguna untuk memulihkan cock fight yang terluka setelah melakukan perlombaan tarung. Cara pemakaiannya cukup gampang, Anda hanya perlu menumbuk daun sirih hingga rata kemudian tempelkan ke bagian yang  terluka.

  1. Berkhasiat Sebagai Jamu

Daun sirih juga salah satu dari sebagian rempah-rempah yang bisa Anda jadikan untuk membuat jamu. Cara membuatnya cukup gampang, Anda bisa melakukan kombinasi daun sirih dengan kunyit dan gula merah. Kemudian berikanlah sebagai pakan cock fight, khasiatnya tentu saja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Berkhasiat Menyembuhkan Ngorok Pada Cock Fight

Inilah satu dari sekian penyakit yang sering dialami oleh ayam laga yaitu penyakit ngorok. Sebagaimana penyakit ini tentu saja menyerang bagian pernafasan sehingga mengakibatkan cock fight ngorok. Ciri-ciri umum penyakit ini bisa Anda lihat dengan melihat tingkah laku cock fight yang lemas atau kurang bergairah.

Ciri-ciri yang paling menonjol adalah terdapat suara bunyi dari tenggorokan cock fight. Anda bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan daun sirih dengan cara di rebus kemudian di berikan ke cock fight.

  1. Melancarkan Saluran Cerna Pada Cock Fight

Daun sirih mempunyai khasiat untuk melancarkan saluran cerna pada cock fight. Contoh penyakit saluran pencernaan pada cock fight antara lain seperti cacingan dan berak kapur.

  1. Melenyapkan Penyakit Kurap

Seperti yang telah anda ketahui bahwa penyakit kurap sudah pasti menyerang bagian kulit. Saya akan menjelaskan cara pemakaian daun sirih untuk kurap dan hal ini bisa Anda terapkan. Cara pemakaiannya cukup gampang, Anda hanya perlu merebus daun sirih. Kemudian air dari hasil daun sirih tersebut dimandikan kepada cock fight Anda setiap hari hingga sembuh. Tetapi apabila Anda ingin mencegah terjadinya penyakit kurap, Anda bisa mencoba memandikan ayam laga seminggu 2x.

  1. Mampu Mensterilkan Kandang Ayam

Nah, untuk yang satu ini Anda bisa mencoba menerapkannya pada kandang ayam milik Anda. Fungsi daun sirih juga bisa dijadikan sebagai semprotan sejenis dengan pestisida. Air dari daun sirih mampu untuk membunuh bakteri-bakteri yang terdapat pada kandangan cock fight. Apalagi, pada saat ayam Anda yang sedang mengerami telor, semprotkan kandang secara rutin agar kesehatan ayam terjaga.

  1. Melenyapkan Bau Kotoran Pada Kandang

Daun sirih memang terkenal dengan khasiatnya yang serba guna. Bukan hanya berkhasiat untuk menyembuhkan luka dan penyakit, tetapi juga mampu melenyapkan bau busuk. Hal inilah yang dipakai para peternak cock fight untuk melenyapkan bau kotoran pada kandang ayam laga. Dan tentu saja hal ini sudah terbukti efektif karena telah dicoba oleh masyarkat pada umumnya.

Daun sirih banyak terdapat di pasaran dengan harga yang murah dan juga terjangkau. Inilah rekomendasi bahan alami bila Anda ingin mencobanya, selain menggunakan bahan kimia yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *